whatsapp video call

Jangan install whatsapp video call

Bagi Anda pengguna WhatsApp, hati-hati dengan jebakan malware berupa undangan untuk menginstal fitur terbaru WhatsApp berupa kemampuan video call.

WhatsApp sendiri memang kini menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling terkenal dengan lebih dari 800 juta pengguna. Hal ini lah yang dijadikan para pelaku kejahatan cyber sebagai peluang untuk menyebar malware ke ratusan juta pengguna WhatsApp di seluruh dunia.

Dilansir Softpedia (19/5), sebuah scam diketahui tengah mengancam pengguna WhatsApp dengan kedok berupa fitur video call. Kejahatan cyber ini bekerja dengan mengajak pengguna untuk mengunduh update terbaru dari WhatsApp dengan fitur baru ini di situs whatsappcalling(dot)co.

Setelah masuk ke situs tersebut, pengguna WhatsApp nantinya harus mengikuti petunjuk terkait proses verifikasi. Pengguna juga diminta untuk mengundang setidaknya 10 teman aktif di kontaknya atau mengirim undangan mengunduh fitur video call ini ke tiga grup WhatsApp.
Jika proses tersebut sudah dilewati, maka pengguna dapat menginstal update aplikasi WhatsApp pengusung fitur video call ini beserta alamat situs untuk mendapatkan kode verifikasi. Namun tentu aplikasi ini hanya tipuan saja. Justru aplikasi ini disebut berisikan malware yang bisa mengambil data pribadi pengguna berupa seluruh daftar kontak yang ada di smartphonenya.

Maka dari itu, pengguna aplikasi WhatsApp sebaiknya kini lebih waspada jika mendapat pesan baru dari teman atau nomor tak dikenal yang berisikan mengunjungi situs whatsappcalling(dot)co untuk mengunduh fitur video call untuk WhatsApp.

Saat ini, para pengembang WhatsApp baru menyediakan fitur voice call untuk aplikasi chattingnya. Penambahan fitur video call memang menjadi salah satu target aplikasi milik Facebook ini. Namun diperkirakan fitur video call ini tak akan diluncurkan dalam waktu dekat.
(mdk/dzm)


Gabung Komunitas PAS

Popular Posts